Berbagai Penyebab Terjadinya Kecelakaan di Jalan Raya

Posted by purnosidi
on 14/08/2015

Apa saja berbagai penyebab terjadinya kecelakaan di jalan raya? Tulisan ini akan sedikit mengulasnya untuk Anda. Segala macam musibah yang terjadi pada manusia memang sudah direncanakan dan digariskan oleh Yang Maha Kuasa, namun kita juga bisa meminimalisir terjadinya musibah tersebut dengan lebih waspada terhadap apapun yang kita lakukan. Terutama saat berkendara di jalan raya, selihai apapun Anda dalam berkendaran namun jika sudah naas maka akan terjadi juga kecelakaan. Namun sebenarnya penyebab terjadinya kecelakaan itu ada banyak dan terkadang terjadi karena kelalaian manusia atau juga faktor lingkungan sekitar.

Biasanya saat terjadi kecelakaan baik Anda maupun pihak yang lain merasa dirugikan, entah siapa yang salah awalnya biasanya sebuah kecelakaan selain bisa mengakibatkan jatuhnya korban juga membuat orang-orang yang terlibat menjadi emosi serta saling menyalahkan. Pada saat sedang terjadi kecelakaan yang paling bijak adalah berusaha menyelamatkan yang bisa diselamatkan terlebih dulu dan bukannya bertengkar satu sama lain. Karena sebenarnya jika Anda lebih waspada terhadap berbagai penyebab kecelakaan maka kecelakaan itu bisa dihindari. Kecelakaan seringkali terjadi pada tempat yang ramai seperti misalnya di kawasan KIIC Suryacipta atau di daerah Jababeka Bekasi dimana daerahnya sangat padat serta banyak kendaraan.

Kelalaian Pengemudi

Penyebab yang pertama ini adalah penyebab yang paling lumrah terjadi. Karena manusia memang diciptakan dengan banyak kekurangan. Mungkin saja pada saat sedang terjadi kecelakaan, pengemudi kendaraan yang menyebabkan kecelakaan tersebut sedang dalam keadaan tidak sehat dan tidak fit, bisa jadi ia mengantuk atau sakit kepala misalnya sehingga tidak bisa fokus pada kendaraan yang sedang dikemudikannya. Namun terkadang kelalaian pengemudi itu juga terjadi karena pengemudi memang tidak waspada sehingga melakukan hal lain selain mengemudi, misalnya bermain hape sambil mengemudi. Maka dari itu saat Anda akan mengemudi pastikan dulu Anda dalam keadaan yang siap dan sehat, selain itu jika ada panggilan telepon atau sms yang masuk maka sebaiknya abaikan dulu atau menepilah ke pinggir jalan untuk memeriksanya.

Jalan Raya Yang Tidak Layak

Penyebab lain yang sering membuat terjadinya kecelakaan adalah karena kondisi jalan raya yang tidak lagi bagus dan tidak layak untuk digunakan berkendara. Misalnya jalan yang bergelombang, berlubang di sana sini, banyak tanjakan atau tikungan. Pada saat hendak membuat jalan raya seharusnya perusahaan kontraktor yang diserahi tugas harus benar-benar teliti dalam membuat jalan raya tersebut, faktor kemiringan tanah dan lingkungan sekitar mesti diperhatikan dengan detail. Misalnya saja perusahaan Nikifour yang termasuk sebagai perusahaan kontraktor terbaik di karawang dalam melaksanakan proyek yang diemban akan selalu berhati-hati dan memperhatikan banyak hal agar proyeknya berhasil.

Faktor Alam

Penyebab ketiga yang menyebabkan kecelakaan yang satu ini memang sulit dihindari, jika alam sudah berkehendak maka terjadilah musibah. Misalnya saat hujan sedang deras sekali bisa saja terjadi kecelakaan karena pada saat hujan, pandangan Anda akan terbatas, selain itu jalanan juga menjadi licin karena banyaknya air. Pada saat-saat seperti itu maka yang paling bijak adalah jangan mengebut dan berkendaralah dengan kecepatan yang pelan, jika karena mendung suasana sekitar menjadi gelap maka hidupkan lampu kendaraan Anda.

Kondisi Kendaraan

Satu lagi yang bisa menyebabkan terjadinya kecelakaan adalah karena kondisi kendaraan Anda yang tidak baik. Jika sebelumnya Anda sudah mengetahui bahwa kendaraan Anda sedang rusak namun Anda tetap menggunakannya untuk berkendara sebelum dibawa ke bengkel, maka itu murni kesalahan Anda. Namun ada juga keadaan dimana Anda tidak mengetahui kondisi kendaraan Anda dan akhirnya Anda mengalami kecelakaan di jalan. Maka dari itu Anda harus rutin dalam memeriksakan kondisi kendaraan Anda ke bengkel.

About The Author: purnosidi

I'm a blogger and an engineering worker purnosidi@nikifour.co.id, mobile : +62816627452 | +62817627452 Informasi tentang kami : Jl. Proklamasi No. 241, Jati Ilir II rt.01 rw.06 Kel. Tunggak – Jati Kec. Karawang Barat Kab. Karawang – Jawa Barat 41351 Telp. ( 0267 ) 8632104, Fax. ( 0267 ) 8451587 E-mail : nf@nikifour.co.id www. nikifour.co.id