7 Arsitektur Bangunan dengan Desain Paling Futuristik yang Keren

Posted by purnosidi
on 12/10/2016

Yuk manjakan mata dan visi desain Anda dengan 7 arsitektur bangunan dengan desain paling futuristik yang keren ini. Didesain oleh para ahli arsitektur dengan visi masa depan, gedung-gedung ini dikreasikan dengan banyak efisiensi fungsi, keramahannya terhadap lingkungan serta tanpa meninggalkan estetika keanggunan dan keindahan.

7 gedung-gedung ini berupa hotel berbintang yang dibangun di atas danau buatan, kebun yang dibuat vertikal serta canggihnya konsep dari sebuah pemukiman kumuh. Kumuh tapi canggih? Aneh atau gimana ya?

Sebaik mari kita langsung simak satu persatu 7 arsitektur bangunan dengan desain paling futuristik yang keren ini.

1. Billboard House

Ide kreatif dari tim arsitek The Gregory Project ini sangat patut diapresiasi. Meskipun tidak terlihat mewah dari tampilan dan bentuknya, namun seperti desain ini menghadirkan rancangan yang menonjolkan efisiensi.

7 Arsitektur Bangunan dengan Desain Paling Futuristik yang Keren

Billboard house dibuat untuk menjadi rumah singgah dengan bagian luar yang digunakan sebagai papan iklan.

Rumah singgah sekaligus papan iklan raksasa itu dilengkapi dengan tempat tidur, ruang kerja, dapur, kamar mandi dan gudang kecil. Para pembuatnya yang merupakan para arsitek dari Slovakia itu memang sangat berniat memaksimalkan fungsi billboard di pinggir jalan sekaligus menjadi hunian layak huni yang nyaman. Bagaimana biaya perawatan rumah? Ya Anda bisa menebak, akan dibebankan dari biaya sewa dari pemasang iklan.

2. Dragonfly Newyork

Arsitek Vincent Vallbaut seperti dilansir website website urbanist, mencoba menuangkan ide arsitektur pertanian modern dengan sistem paling maju yang menghemat lahan. Area pertanian ini terlihat pada desain terletak ditengah kota Newyork. Area pertanian ini didesain untuk bisa diakses melalui ladang metabolik yang dibangun secara vertikal.

7 Arsitektur Bangunan dengan Desain Paling Futuristik yang Keren

Mengapa dinamakan Dragonfly? Itu karena gedung berkaca yang menjadi tempat ladang perkebunan itu membentuk sayap capung / dragonfly. Visi desain ini adalah menghadirkan kemandirian kota yang bisa memenuhi sendiri secara mandiri semua kebutuhan bahan makanan segar.

Pada lantai 132 gedung dragonfly tersedia area untuk memproduksi buah-buahan, daging, sayur dan susu. Darimana gedung ini memperoleh energi? Tak lain adalah dari tenaga surya dan tenaga angin.

3. Dynamic Tower Skyscraper

Adalah David Fischer, seorang arsitek dari Italia yang mendesain gedung canggih Dynamic Tower Skycraper ini.

7 Arsitektur Bangunan dengan Desain Paling Futuristik yang Keren

Dengan 80 lantai dan setiap lantai bisa berputar 360 derajat, si arsitek rupanya ingin penghuni ruangan di setiap lantai menikmati pemandangan terbit dan tenggelamnya matahari pada tempat yang sama. Lebih canggihnya lagi, mesin pemutar ruangan ini menggunakan teknologi perintah suara.

Apa yang mentenagai gedung ini? Gedung ini berotasi dengan mesin yang menggunakan listrik dari turbin angin dan panel surya yang berada pada antara setiap lantai.

4. Factory on the Earth

Karena ingin memperkenalkan konsep pabrik yang bisa terhubung dengan konteks lingkungan sekitar melalui desain arsitektur factory on Earth ini, maka Ryuichi Ashizawa Architect & Associates pun berhasil menyabet award penghargaan Building of The Year.

7 Arsitektur Bangunan dengan Desain Paling Futuristik yang Keren

Desain mereka ini adalah proyek perluasan sebuah pabrik tua di Johor Baru Malaysia. Tanah dan hutar sekitar pun direklamasi guna menghadirkan area pabrik dan benar-benar ramah lingkungan. Untuk memungkinkan pembuatan atap yang hijau dan memakan lahan relatif sedikit maka gedung dibangun di bawah tanah. Lebih canggih dan kerennya lagi, dengan memanfaatkan air hujan, angin, panas bumi dan sinar matahari gedung ini semakin menekan batas emisi karbon dengan penggunaan sumber-sumber energi terbarukan tersebut.

Sebagai ganti pendingin ruangan, air hujan dialirkan hujan dialirkan ke atap dan untuk pencahayaan, penggunaan lampu dikurangi dengan memanfaatkan pemantulan cahaya matahari dari atas.

5. Hotel bintang 5 dan Residen Rosemont

ZAS Architecture adalah perancang konsep hotel mewah dengan 47 lantai ini. Akan dikelola oleh jaringan hotel Hilton Worldwide, Dubai adalah kota yang akan segera mewujudkannya.

7 Arsitektur Bangunan dengan Desain Paling Futuristik yang Keren

Rosemont Five Star Hotel dan Residences ini akan menjadi hotel hijau pertama yang sesungguhnya. Kenapa? Karena hotel sekaligus tempat tinggal ini akan menyertakan hutan sungguhnya di dalam gedung yang dilengkap dengan pohon-pohon buatan yang mampu menyemburkan embun sejuk pada waktu tertentu.

Rosemont juga akan dilengkapi dengan banyak fasilitas berteknologi kekinian seperti pusat kesehatan, spa, ruang meeting, restoran berbintang, taman trampolin, bowling area serta bioskop. Fasilitas-fasiiltas itu adalah standard hotel berbintang lima. Selain itu untuk memanjakan penghuni dan pengunjungnya, Rosemont ini akan menyediakan pantai buatan dan skypool guna menghadirkan sensasi berenang di ketinggian. Bagaimana pendapat Anda dengan arsitektur bangunan dengan desain paling futuristik yang keren di UAE ini?

6. Shanty Mega-Structure

Pemukiman kumuh namun canggih adalah konsep yang ingin dibuat oleh Olalekan Jeyifous, seorang seniman dari Nigeria. Sebagai desainer arsitektur ia ingin menghadirkan sesuatu konsep yang berbeda. Berbekal pengalaman rancangan kawasan hunian di kota Lagos yang diperuntukan untuk warga kelas menengah ke bawah, Jeyofous ingin menyulap pemukiman kumuh warga pinggiran menjadi kota vertikal dan tersesuai dengan realitas penghuninya.

7 Arsitektur Bangunan dengan Desain Paling Futuristik yang Keren

Menurut The Huffington Post, Shanty Mega-Structure ini oleh Jeyofous ingin menjadi area dengan pembangunan yang tetap memperhatikan kebutuhan-kebutuhan warga tidak mampu. Mereka yang tidak mampu untuk mendapatkan fasilitas canggih juga tetap bisa memdapatkan kebutuhan dasar untuk hidup ditengah kota yang memiliki populasi yang terus bertambah.

Dilengkapi dengan sumber energi berupa panel-panel surya, pemukiman yagn menjadi arsitektur bangunan dengan desain paling futuristik yang keren ke-6 ini dibuat bertingkat seperti rumah susun. dengan lahan pada bagian bawah tetap bisa berfungsi sebagai aktivitas ekonomi warga, kebun untuk lahan menanam sayur dan buah-buahan didesain menggantung melingkar.

7. Songjiang Hotel

Arsitektur bangunan dengan desain paling futuristik yang keren ke tujuh ini adalah Songjiang Hotel yang  direncanakan untuk menjadi hotel berbintang yang dibangun di lubang bekas galian. Ide gila? Tentu bahkan ide brilian yang perlu banyak dukungan. Adalah Atkis Design dengan para arsiteknya yang menawarkan konsep revitalisasi bekas galian tambang tak terpakai di kota Songjian, China.

7 Arsitektur Bangunan dengan Desain Paling Futuristik yang Keren

Hotel berbintang ini akan dibangun di area salah satu sisi lubang dan sisai galian akan digunakan sebagai danau buatan.

Songjiang Hotel tersebut nantinya akan difasilitasi oleh sumber energi geothermal. Adapun kamar dan restoran akan terletak di bawah permukaan air danau. Bagaimana dengan tebing curam? Tebing itu akan dijadikan sebagai fasilitas olahraga sepertipanajt tebing dan bungee jumping serta olah raga ekstrim lainnya.

Demikianlah 7 arsitektur bangunan dengan desain paling futuristik yang keren ini yang bersumber dari:

About The Author: purnosidi

I'm a blogger and an engineering worker purnosidi@nikifour.co.id, mobile : 0819232252 Informasi tentang kami : Jl. Proklamasi No. 241, Jati Ilir II rt.01 rw.06 Kel. Tunggak – Jati Kec. Karawang Barat Kab. Karawang – Jawa Barat 41351 Telp. ( 0267 ) 8632104, Fax. ( 0267 ) 8451587 E-mail : nf@nikifour.co.id www. nikifour.co.id