6 Cara Mengecat Rumah Sendiri Tanpa Tukang

Posted by masbadar
on 18/12/2014
Cara Mengecat Rumah Sendiri Tanpa Tukang

Bagaimana cara mengecat rumah sendiri tanpa tukang? Apakah anda merasa suasana rumah anda membosankan? Anda ingin merubahnya dengan  mengganti warna cat dinding? Apakah anda merasa sedikit ribet dengan adanya tukang cat? Apakah anda ingin sedikit berolah raga dan berekspresi dengan tata warna rumah? Tidak perlu memakai jasa tukang cat, Anda pun bisa melakukannya sendiri untuk lebih menghemat biaya.

Jika perlu libatkan keluarga anda ketika libur ketika pengecatan rumah anda tersebut. Kami ingin berbagi beberapa tips dan cara mengecat rumah anda sendiri tanpa tukang. Meski kami adalah perusahaan kontraktor yang juga menyediakan kebutuhan cat-cat rumah anda untuk eksterior dan interior juga menyediakan jasa pengecatan, ini lah kami akan membagikan beberapa tips cara mengecat dinding rumah.

Cara mengecat rumah sendiri tanpa tukang?

Tentu kami berharap agar tips cara pengecatan ini bisa membantu anda dalam mengganti warna cat rumah anda sehingga menjadi lebih sesuai selera seni dan kenyamanan anda serta lebih bisa menghadirkan suasana yang baru yang lebih segar.

1. Bersihkan Dinding

Pastikan permukaan dinding yang akan anda cat ulagn bersih dari debu. Bersihkan debu dan kotoran yang menempel pada area dinding. Kotoran pada dinding ini sangat wajib dihilangkan. Debu, kotoran dan noda minyak akan membuat hasil akhir cat tidak halus dan merata. Berishkan dengan air yang dicampur dengan deterjen berformula lembut dan spons selulosa. Gosok-gosokkan spons ke dinding hingga bersih, lalu bilas dengan air untuk menghilangkan residu sabun.

2. Lindungi Bagian yang Tak Ingin Dicat dengan Lakban

Pembatas antara dinding dan lantai, jendela dan bingkai jendela biasanya harus ditutupi agar tidak terkena noda cat. Lindungi bagian rumah yang tak ingin dicat dengan lakban atau pita perekat saat pengecatan. Setelah selesai, segera cabut pita perekat sebelum cat dinding mengering agar cat tidak ikut tercabut.

3. Tutup Retakan pada Dinding

Gunakan plamir (dempul tembok) untuk menutup celah atau retak pada dinding, lalu ratakan sampai halus menggunakan amplas. Oleskan juga primer cat, sejenis cairan yang diaplikasikan sebelum pengecatan agar didapatkan hasil akhir yang rata dan mengkilap.

4. Gunakan Kuas Kecil pada Bagian yang Sempit

Alat pengecat berupa roller tidak bisa diaplikasikan di semua bagian dinding, hanya pada area yang luas saja. Sementara untuk area yang sulit seperti sudut ruangan, gunakan kuas kecil selebar dua inci.

5. Gunakan Teknik  Gerakan ZigZag

Trik mengecat dengan rata adalah dengan membuat gerakan zig-zag dari atas ke bawah berulang kali sampai dinding tertutup rata. Setelah 2-3 jam baru lapisi kembali dengan cat agar lebih mulus hasilnya. Roller bisa digunakan untuk meratakan warna permukaan dinding..

6. Ulangi Lagi Jika Perlu

Bila hasil pengecatan masih kurang sempurna, ulangi sekali lagi dan pastikan proses yang kedua ini berhasil dengan baik. Bila cipratan cat jatuh ke lantai, segera bersihkan dengan lap basah.

Demikian postingan tentang 6 cara mengecat rumah Sendiri tanpa tukang.

Save

About The Author: masbadar

Masbadar adalah seorang blogger, webmaster dan pekerja grafis. Tinggal di CKM City, Karawang. Email: masbadar@gmail.com Mobile: 0813 9881 8119