12 Konsep Hunian Ringkas Bagi Kota yang Berkembang. Pertumbuhan kota dan populasinya begitu cepat. Bagaimana sistem kelola tata kota di seluruh dunia beradaptasi sambil mempertahankan kualitas hidup? Bagaimana sistem tata kelola kota terhadap lingkungan dengan setiap keunikannya dan dengan konteks budayanya?

Dalam beberapa kasus, ide-ide baru untuk memaksimalkan kepadatan kota membutuhkan pembangunan kota-kota baru dari bawah ke atas, sementara yang lain merebut kembali kawasan industri dan pinggiran kota yang tertekan atau sekadar terus membangun semakin tinggi ke langit.

12 Ide Hunian Ringkas di Kota yang Berkembang

Proposal ini – ada beberapa di antaranya terlihat fantastis, yang lain sedang dibangun atau selesai – mewakili beragam solusi pertumbuhan perkotaan, masing-masing dengan pro dan kontranya sendiri-sendiri.

1. Greenery Los Angeles

  • Proyek ini Membawa Penghijauan Kembali ke Los Angeles. Proyek Los Angeles lainnya, yang lengkap ini, menambahkan ruang hijau seluas 12.000 kaki persegi serta apartemen sewaan, gym, spa, dan supermarket tingkat jalan ke lingkungan Koreatown.

  • Vermont adalah proyek apartemen terbesar di LA sejak Resesi Hebat, dengan dua menara berisi 464 unit rumah untuk memenuhi peningkatan permintaan ruang sewa.

  • Proyek kepadatan tinggi baru ini ditempatkan tepat di sebelah jalur transit utama dan mewakili semacam “urbanisme baru” untuk kota, tetapi tidak jelas berapa banyak ruang hijau yang benar-benar ditambahkan atau dampak seperti apa yang dimiliki pembangunan mewah terhadap lingkungan sekitar yang beragam.

Pembangun mengklaim bahwa proyek ini menarik bagi kaum muda karena memiliki perasaan yang lebih mirip dengan New York daripada LA.

2. Green-Roofed Farm City

  • Lahan buatan miring diletakkan tepat di atas perumahan perkotaan dalam konsep pertanian perkotaan ini oleh Studio Shift.

  • Dibuat sebagai tanggapan terhadap pameran yang disponsori yang meminta 12 perusahaan untuk membayangkan bagaimana peningkatan kepadatan dapat bekerja selaras dengan ruang publik dan pertanian tambahan, ‘Milano Stadt Krone’ dapat mendukung 25.000 penduduk sambil mempertahankan produksi tanaman pangan dan produk yang stabil di wilayah Lombardy (sekitar sepertiga dari hasil pertanian negara.)

  • Lahan yang subur diposisikan secara strategis ke arah langit selatan, dengan tanaman diatur di lereng sesuai dengan kebutuhan matahari dan air. Di bawahnya adalah jaringan apartemen dan lapisan komersial dengan jalur yang menghubungkan ke jalur transit.

  • Sisa ruang didedikasikan untuk taman dan taman umum.

3. High-Density Urban Development

  • Ini adalah Pembangunan Perkotaan Berdensitas Tinggi yang Terinspirasi oleh Pegunungan Cina.

  • Proyek MAD lainnya “memperlakukan arsitektur sebagai lansekap,” memadukan air terjun, pohon, dan taman ke dalam pembangunan perkotaan dengan kepadatan tinggi dengan struktur lengkung yang meniru lukisan tradisional Tiongkok tentang pegunungan.

  • ‘Shan-shui City’ adalah konsep yang dapat diterapkan pada semua jenis proyek bangunan, dan MAD bertujuan untuk memanfaatkannya dalam proyek konstruksi baru di Cina dan sebagai pelengkap kota-kota yang ada.

  • Mereka akan menerapkannya pada pengembangan perkotaan serba guna yang berukuran setengah juta meter persegi, dan pengembangan plaza baru di kawasan pusat bisnis Beijing.

4. Hyper Landscape Plan

  • Ini adalah Rencana Hyper Density Hyper Landscape untuk Dallas. ‘Hyper Density Hyper Landscape’ oleh Stoss dan SHoP Architects mengubah Dallas, Texas menjadi jaringan ruang hijau, dengan rangkaian lanskap subur melengkapi perkembangan perkotaan kepadatan tinggi antara pusat kota yang ada dan Trinity River Corridor Park yang direncanakan.

  • Kawasan Sungai Tua direvitalisasi sebagai rantai taman dan taman air lengkap dengan kafe terapung dan amfiteater air, dan petak besar dari tanah yang tidak digunakan menjadi hutan kota dan pertanian wirausaha.

  • Usulan 176 hektar dipilih sebagai salah satu dari tiga finalis di Dallas Connected City Design Challenge.

5. Innovation District

  • Ini adalah Distrik Inovasi Miami. Dianggap sebagai kampus perkotaan yang penuh dengan fasilitas publik, zona kinerja dan pameran, kantor dan berbagai perumahan, ‘Distrik Inovasi’ oleh SHoP bertujuan untuk menambahkan sedikit bakat arsitektur kelas dunia ke Miami dalam bentuk perkembangan perkotaan yang padat, yang kurang dimiliki oleh kota yang kaya namun luas ini.

  • Idenya adalah mendorong pertumbuhan industri teknologi kreatif di Miami untuk membantu mendorong perbaikan lainnya seperti angkutan umum dan perumahan yang lebih padat.

Kompleks ini akan mencakup unit-unit mikro yang terjangkau yang ditujukan untuk kaum muda, kaum urban kreatif yang umumnya dihargai keluar dari pasar Miami. ‘Menara Inovasi’ 630-kaki berdiri sebagai pusat, penuh dengan ruang kantor, restoran dan dek observasi.

6. Living on the Edge

  • Proyek ‘Hidup di Tepi’ membayangkan membangun kota baru tepat di tebing pantai di seluruh dunia, membentuk lingkungan perkotaan baru.

  • Meskipun sepertinya memperluas pengembangan manusia ke daerah-daerah yang saat ini dalam keadaan alami mereka tidak tepat diinginkan (belum lagi ancaman naiknya laut), para desainer berpendapat bahwa memanfaatkan ruang-ruang ini untuk menjadi tinggi di atas permukaan air.

  • Tentu saja, ini akan lebih baik daripada membiarkan kota-kota yang ada saat ini untuk terus menyebar di luar batas kota mereka ke dalam hutan dan lahan pertanian sekitarnya.

7. Lush Pedestrian

  • ‘PARKROYAL on Pickering’ adalah lingkungan tinggi yang berorientasi pejalan kaki untuk Singapura dengan tanaman hijau subur ditanam di hampir setiap tingkat dan tata ruang berpori mendorong cahaya siang hari, angin sepoi-sepoi dan sirkulasi bebas antara berbagai elemen struktur.

  • Pemenang 2015 Urban Habitat Award oleh Council on Tall Buildings dan Urban Habitat (CTBUH), Parkroyal dipuji karena “dipengaruhi secara cerdas oleh konteks lingkungan dan budayanya.”

  • Podium yang berkontur menarik inspirasi dari lanskap bertingkat seperti sawah, dan serangkaian kolom yang menyerupai pohon membuat seluruh bangunan tampak melayang-layang di atas jalan, membangun jalan pejalan kaki yang teduh di lantai dasar.

  • Dengan merentangkan ke atas, desain bangunan dengan semua tanaman hijau yang terintegrasi menambahkan 215% ruang hijau baru ke area plot, membuktikan bahwa peningkatan kepadatan di kota-kota tidak harus berarti kehilangan taman dan kebun.

8. Mixed-Use Urban Ribbon

  • Ini adalah pita urban campuran di Singapura. Struktur mirip pita yang bergelombang oleh SPARK Architects ini merupakan tanggapan terhadap fakta bahwa pada tahun 2030, 20% populasi Singapura sepenuhnya akan berusia lanjut dan membutuhkan perumahan dengan kepadatan tinggi yang sesuai dengan kebutuhan mereka.

  • Struktur seperti pita yang bergelombang ini dirancang untuk menyediakan akomodasi tamu senior serta ruang berkebun umum yang terbuka untuk penghuni di lantai dasar dan di setiap lantai bertingkat.

  • Ia menguasai rencana memaksimalkan paparan sinar matahari dan mendorong penduduk untuk berkeliling untuk berolahraga, berinteraksi dengan tetangga, dan menikmati pemandangan kota.

9. Shop-Top Neighborhood

  • Ini adalah Shop-Top Neighborhood di Beverly Hills.

  • Karena banyak fungsi bersaing untuk mendapatkan ruang di kota-kota yang ramai, jawabannya adalah sering membangun bangunan tinggi penuh apartemen yang mengorbankan nuansa klasik pinggiran kota untuk kepadatan dan kemampuan berjalan.

  • Tetapi bagaimana jika kita dapat memiliki keduanya? 8600 Wilshire oleh MAD Architects menempatkan lingkungan yang relatif tradisional lengkap dengan ruang hijau dan pohon tepat di atas blok ritel di Beverly Hills.

  • Vila-vila kaca putih berkerumun menawarkan 18 unit perumahan dalam bentuk ‘desa bukit,’ dengan rumah-rumah yang tampak buram dari jalan tetapi menghadap ke halaman dalam dengan fasad transparan.

10. Spiraling Skyscraper

  • Ini adalah bentuk Spiraling dari Skyscraper Apartments. Setiap apartemen dalam pengembangan yang menjulang dapat memiliki ruang hijau pribadi dengan siluet yang tidak biasa oleh Nabito, sebuah gedung pencakar langit berputar yang berputar di sekitar inti pusat sehingga setiap atap menjadi taman untuk unit di atasnya.

Itu berarti setiap apartemen memiliki pemandangan kota yang unik, dan gedung pencakar langit ramping tidak menghalangi cahaya matahari ke tanah.

11. Tianjin Eco City

  • Cina sedang berupaya meringankan kepadatan penduduk di kota-kota terpadatnya dengan menciptakan pusat kota yang sepenuhnya baru di negara itu, dengan keberhasilan yang beragam.

  • Sino-Singapura Tianjin Eco-city, perusahaan patungan antara pemerintah China dan Singapura, bertujuan untuk menjadi “model untuk pembangunan berkelanjutan,” dan saat ini sebagian dibangun dan ditempati, dengan tanggal penyelesaian yang diharapkan pada tahun 2020.

  • Seperti kebanyakan kota ramah lingkungan, kota ini dibangun di atas tanah yang pernah tercemar dengan standar arsitektur hijau yang ketat, Sulit untuk menilai apakah itu berhasil atau tidak, karena masih dalam fase perkembangan remaja, tetapi sejauh ini, tidak banyak orang yang tampak untuk tertarik pada konsep.

Yang lain telah mengkritik kota-kota yang dibangun dari atas-ke-bawah-tanah itu sebagai sekadar tambalan pada kesengsaraan lingkungan Cina yang mengerikan.

12. Water-Focused Community

  • Komunitas Berfokus pada Air yang Beradaptasi. Bekas lahan industri di Kvarnholmen, sebuah pulau di timur Stockholm di Swedia, direklamasi sebagai lingkungan sentris air yang semarak yang dirancang untuk mendorong kepadatan dan kehidupan kota di tepi perairan.

  • Perusahaan arsitektur K + S mengusulkan mosaik 900-1200 unit rumah baru dengan titik harga yang berbeda-beda dengan unit komersial, sekolah, layanan publik dan ruang bersama, dan infrastrukturnya semuanya dirancang untuk menyerap dan mempertahankan sejumlah besar air hujan.

Menghormati sejarah dan budaya setempat sembari juga merencanakan masa depan yang tidak pasti, pembangunan memungkinkan pertumbuhan perkotaan yang cepat tanpa mengorbankan semua hal yang membuat kota menjadi tempat yang diinginkan untuk hidup.

Sumber: https://weburbanist.com

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Open chat
Info lengkap dan penawaran..
Hi, Terima kasih telah berkunjung. Untuk info selengkapnya, penawaran, dsb WA kami saja..